Apa Itu Self-Acceptance

Apa Itu Self-Acceptance? Panduan Lengkap dan Cara Praktis untuk Memahaminya – Seringkali kita secara sengaja ataupun tidak sengaja membaca istilah yang namanya self inilah, self itu lah dan self self lainnya. Mimin sendiri juga menyadari akan hal tersebut entah itu melihat di platform sosial media ataupun di portal website apapun itu.

Mungkin karena saat ini isu tentang kesehatan mental semakin gencar dilakukan oleh semua kalangan. Ada sisi positifnya juga hal demikian mengingat sekarang apa-apa yang serba cepat hingga mungkin mengakibatkan kesehatan mental untuk ukuran orang normal terganggu.

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas apa yang namanya itu self acceptance dari sekian banyak self self yang berseliweran di internet. Okelah langsung saja lanjut topik pembahasan pada artikel dibawah ini tentang “self acceptance”.

Apa itu pengertian dari self acceptance? self acceptance sendiri yaitu suatu kondisi dimana individu mengenali aspek dalam dirinya dari berbagai kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya.

Self-acceptance merupakan kemampuan seorang individu menyikapi berbagai situasi dengan cara yang positif. Dalam menerima kekurangan dalam diri sendiri memang terkadang sulit untuk dilakukan bagi banyak orang. Namun, hal demikian sangat penting sekali untuk kita coba sebagai bagian proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan nantinya.

Dengan menerapkan self-acceptance dalam diri ini, hidup kita juga bisa lebih tenang dan lebih siap menerima berbagai tantangan dalam hidup ini. Berikut dibawah ini terdapat penjelasan secara lengkap tentang apa itu definisi dari self-acceptance, yang disadur dari Klikdokter. Mari kita simak penjelasannya pada artikel berikut ini:

 

Ciri-Ciri Self-Acceptance

– Mengenali potensi kekuatan dalam diri sendiri.

– Menerima semua bagian dalam diri, entah itu baik ataupun buruk.

– Menerima masa lalu serta menjadikannya sebagai pelajaran untuk di masa depan.

– Mengakui berbagai pencapaian sampai kegagalan yang pernah dialami.

– Mengakui kelemahan serta tidak terus-menerus menyalahkan diri sendiri.

– Memiliki sifat positif dan tidak perlu validasi dari pihak lain.

– Melihat diri sendiri sebagai manusia seutuhnya dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan.

– Mampu mencintai dan menghargai diri sendiri sepenuhnya.

 

Manfaat Menerapkan Self-Acceptance

 

  1. Dapat Mengendalikan Emosi

Dengan kita melakukan penerimaan diri, kita lebih bisa mengendalikan emosi dalam diri. Munculnya ledakan emosi dapat terjadi karena kita kurang menerima diri sendiri sehingga memicu terjadinya kecemasan, stres, serta kemarahan.

Selain itu, pentingnya melakukan self-acceptance yakni membuat diri kita lebih berfokus pada kelebihan pada diri sendiri daripada melihat kekurangan yang ada diri sendiri.

 

  1. Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Self-acceptance sendir penting supaya kita mampu belajar memaafkan diri sendiri serta fokus juga pada aspek baik yang dimiliki.

Dengan memikirkan masa lalu ataupun hal-hal yang telah terjadi sebelumnya dapat menimbulkan gejolak emosi negatif dalam diri sendiri. Dan oleh karena itu, belajar menerima diri itu penting sekali untuk membuat diri sendiri lebih maju dalam merencanakan hal di masa depan dengan hasil yang matang.

 

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apabila kita terjebak dalam masa lalu ternyata hanya akan membatasi diri sendiri. Self-acceptance sendiri akan membantu kita menerima berbagai hal baik dan buruk yang sudah terjadi sehingga kita bisa lebih berani dalam melangkah dan percaya diri dalam mengambil setiap keputusan dalam hidup ke depannya.

 

  1. Melatih Welas Asih kepada Diri Sendiri

Self-acceptance sendiri penting untuk menjaga kesehatan mental agar tetap prima. Dari penerimaan diri ini, kita dapat lebih memiliki welas asih pada diri sendiri. Dan maksudnya disini adalah, kita dapat melakukan kebaikan yang sama untuk diri sendiri, sebagaimana kita telah melakukan kebaikan kepada orang lain.

Dengan menumbuhkan sikap welas asih kepada diri sendiri dapat membuat kita lebih bersiap saat menghadapi terjadinya kegagalan serta menerima kekurangan yang mungkin ada nantinya.

 

  1. Menjadi Diri Sendiri Apa Adanya

Pada saat kita terus menerus menutupi adanya kekurangan dalam diri, suatu saat hal tersebut akan membuat diri kita cepat merasa lelah. Self-acceptance dapat membantu kita tampil apa adanya menjadi diri sendiri tanpa perlu mengkhawatirkan penilaian dari orang lain.

Ketika kita menerima diri sendiri, kita akan merasakan kebebasan dan menjadi pribadi yang seutuhnya tanpa adanya rasa cemas takut dan khawatir.

 

Tips Melakukan Self-Acceptance

 

  1. Mengetahui Value Pada Diri Sendiri

Dengan mengetahui value ataupun nilai serta potensi diri yang dimiliki, kita kedepannya bisa menjadi pribadi yang lebih kuat serta berkarakter dalam menjalani hari hari.

  1. Menetapkan Batasan yang Sehat

Kita mungkin membutuhkan sebuah batasan dalam berbagai aspek kehidupan apapun itu. Nah, dimulai dari sekarang kita buat sebuah batasan dan terus menerapkan secara kontinyu. Dan jangan sampai kita membiarkan orang lain melewati batasan tersebut. Hal tersebut penting untuk mencegah adanya perlakuan tidak baik yang bisa mengganggu proses penerimaan diri sendiri.

  1. Memaafkan Diri Sendiri

Contoh self-acceptance lainnya yang juga penting yaitu memaafkan diri sendiri. Saat melakukan suatu kesalahan, belajarlah untuk bangkit dari kesalahan tersebut.

  1. Menghindari Menyalahkan Diri Sendiri Berlebihan

Kita harus sadar diri, berbagai situasi negatif yang sering terjadi terkadang bukan hanya karena perbuatan kita lo. Maka dari itu, cobalah untuk bersikap secara objektif dan mengevaluasi supaya tidak mengulang kesalahan yang serupa.

  1. Stop Membandingkan Diri

Seringkali kebiasaan membanding-bandingkan diri ke orang lain sering sekali ditemukan dan diri sendiri malah mengalami hal serupa, apalagi di era digital sekarang ini dengan adanya berbagai konten media sosial yang bermunculan setiap detik, menit dan jam. Diusahakan untuk mengurangi kebiasaan membandingkan diri mulai detik ini.

Oleh karena itu gali, hargai, dan mensyukuri berbagai kelebihan dalam diri yang dimiliki supaya kita dapat memiliki self-acceptance yang penuh.

  1. Jangan Mengabaikan Hal-hal Positif

Alangkah baiknya berusaha untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpa di hidupmu. Apabila muncul pikiran negatif, segera kita alihkan serta mengganti dengan pikiran dan kegiatan yang lebih positif lainnya.

  1. Melakukan Sesi Journaling

Kita dapat mencatat berbagai macam kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Hal ini penting sekali dilakukan karena dapat menjadi acuan tentang bagaimana kita harus bertindak pada saat terjadi situasi tertentu.

  1. Melakukan Meditasi

Yang terakhir tips untuk melakukan self-acceptance berikutnya yaitu bermeditasi. Meditasi sendiri dapat membantu membangun sisi positif pada diri sendiri, welas asih, serta keseimbangan batin.

Demikianlah artikel tentang self acceptance semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk para kalian pembaca dimanapun kalian berada. 

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *