Cara Mengelola Keuangan Usaha Angkringan – Angkringan merupakan salah satu jenis usaha warung makan skala kecil yang juga menyediakan tempat untuk berkumpul dan bersantai ria dengan teman ataupun sanak kerabat. Membuka usaha di bidang kuliner memang terlihat sangat menjanjikan sekali prospeknya. Akan tetapi harus dijalankan secara tepat supaya semakin berkembang dan maju.

Membengkaknya budget pengeluaran adalah sebuah masalah yang cukup kritis dan biasanya sering dialami oleh para pengusaha sektor manapun. Ketidakefektifan dalam mengelola finansial dapat menjadikan pendapatan lebih kecil dibandingkan sisi pengeluaran. Maka dari itu, diperlukan sebuah perencanaan yang matang.

Cara Mengelola Keuangan

Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan roda bisnis usaha sehari-hari. Hal demikian termasuk dalam lingkup biaya sewa, menggaji para karyawan, transportasi dan lain sebagainya. Namun biasanya budget ini yang membutuhkan pengeluaran yang paling besar. Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak pada artikel tentang bagaimana cara mengelola keuangan lebih tepatnya pada penjelasan dibawah ini .

 

  1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Di urutan pertama cara meminimalisir pengeluaran yang besar yaitu dengan mencatat segala pemasukan dan pengurangan terlebih dahulu di awal. Sehingga kita dapat mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis kita. Kita juga dapat mengetahui apa saja alokasi pos pengeluaran yang membutuhkan biaya terlalu besar, sehingga kita dapat mencari solusinya.

Selain itu, dengan memperhatikan arus pemasukan dan pengeluaran usaha, maka kita dapat mengetahui biaya-biaya apa saja yang akan dibutuhkan nantinya. Untuk perhatian saja jangan pernah mengeluarkan sejumlah biaya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Hal demikian dapat meminimalisir pengeluaran arus kas kita.

 

  1. Meminimalkan Pembelian Barang

Apabila alat-alat serta perlengkapan kita masih berfungsi dengan optimal, jangan tergoda untuk membeli sesuatu yang baru. Akan tetapi apabila memang harus membeli atau menambah perlengkapan baru, alangkah baiknya memilih dengan harga yang murah tetapi dengan tipe kualitas yang cukup baik.

 

  1. Menghemat Penggunaan Bahan Baku

Dalam membeli bahan baku, sebaiknya kita menyesuaikan dengan menu yang kita sajikan di lapak angkringan. Sehingga dapat meminimalisir kebutuhan yang tidak terlalu penting lainnya. Sebaiknya pilihlah bahan baku yang murah, dengan tetap memiliki kualitas yang bagus. Kita dapat bernegosiasi dengan para penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Keberadaan menu makanan serta minuman salah satu faktor yang membutuhkan pengeluaran paling besar pada jenis usaha angkringan ini. Apalagi jika kita mengambil orderan dari luar serta tidak mengolah makanan secara mandiri. Sehingga, lebih baik kita mengolah makanan serta minuman dilakukan secara mandiri. Cara meminimalisir pengeluaran yang besar ini dapat mengurangi pengeluaran kalian.

Dengan penyajian makanan yang diolah secara mandiri, kita dapat menyesuaikan dengan minat dan selera para konsumen. Kita juga dapat menyesuaikan dengan menu-menu yang sedang populer atau laku laris di angkringan. Selain itu, kita juga dapat menjamin kebersihan pada makanan.

Walaupun kita mengolah makanan secara mandiri bukan berarti kita tidak dapat mengambil stok makanan dari luar. Kita dapat menambahkan berupa makanan pendamping seperti misalnya kerupuk serta tipe snack lainnya. Sehingga, angkringan kita menjadi lebih bervariatif dan para konsumen pun tidak mudah bosan dan jenuh dengan sajian makanan kita.

 

  1. Menghemat Sumber Daya Tenaga Kerja

Apabila menggunakan tenaga kerja, kita dapat meminimalisir besaran biayanya dengan cara mengurangi jumlah tenaga kerja yang diperkerjakan. Dengan jalan keluar yakni menggunakan tenaga kerja seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan porsi pada lapak kita. Akan tetapi apabila tidak memiliki tenaga kerja misalnya dilakukan secara mandiri, tentunya akan semakin meminimalisir adanya biaya operasional ini.

 

  1. Meminimalisir Budget Pengeluaran Selama Proses Produksi

Cara meminimalkan pengeluaran yang besar tahap selanjutnya adalah dengan memangkas biaya proses produksi yang tidak terlalu penting saat menjalankan bisnis warung angkringan. Menu-menu pada warung angkringan juga akan menentukan biaya ini. Nah, dengan biaya produksi yang sedang kita kelola secara mandiri pada hakekatnya bisa mengurangi biaya operasional di angkringan kita.

Perlu diketahui biaya proses produksi ini juga harus kita kelola secara maksimal. Meliputi kontrol penggunaan air, listrik serta gas. Walaupun terlihat cukup sepele, akan tetapi tetap harus kita perhatikan secara detail. Karena apabila tidak, akan terjadi pemborosan anggaran yang berujung pada kerugian biaya operasional.

 

Tips dan trik menjalankan usaha angkringan untuk milenial antara lain sebagai berikut ini, mari kita simak penjelasannya :

– Memilih menu makanan dan minuman yang beraneka macam sehingga terlihat menarik para pelanggan ke angkringan kita.

– Dan jangan lupa untuk mematok harga yang tidak terlalu tinggi. Karena kita mengolah makanan secara mandiri, kita dapat memperkirakan nominal harga yang cocok untuk para pelanggan.

– Membuat suasana di angkringan menjadi nyaman dan bersih sehingga para pelanggan pun akan merasa kerasan berlama-lama di angkringan kita.

– Memberikan juga layanan yang ramah dan bersahabat ke pelanggan.

– Usahakan untuk menggunakan lokasi yang sekiranya ramai dan strategis untuk berjualan angkringan terutama di pinggiran jalan.

– Memperhatikan juga tingkat kebersihan dan keamanan di lingkungan angkringan kita, supaya pelanggan merasa betah dan nyaman.

 

Nah, demikian cara mengelola keuangan yang benar pada bisnis angkringan kita. Pengeluaran dapat terkendali dan aman apabila kita mengolah masakan secara sendiri dengan memperhatikan tips dan trik diatas. Semoga penjelasan diatas dapat membantu serta menjawab pertanyaan kalian dimanapun kalian berada. Sehingga usaha angkringan kita dapat semakin berkembang pesat menghasilkan profitabilitas tinggi.

Lobster air tawar: hadirkan cita rasa tinggi ala restoran bintang lima di rumah kalian.

Untuk selengkapnya klik disini

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *