Cara Menjual Action Figure

Cara Menjual Action Figure Agar Makin Cuan – Pernahkah kalian berpikiran untuk memulai bisnis serta memulai kerja sampingan untuk memiliki pendapatan tambahan? Lantas kemduian jenis produk apa yang sekiranya akan kita jual nantinya? Makanan, minuman, pakaian, sneakers, ataupun mainan seperti action figure (figur karakter) yang akan kita bahas pada artikel ini?

Kebenyakan dari kita mungkin sering berpikiran bahwa mainan hanyalah untuk kalangan anak-anak saja, akan tetapi faktanya kebanyakan mainan ini dibeli oleh orang dewasa sebagai koleksi dirumah. Selain itu, kebanyakan dari diri mereka sangat royal sekali untuk membeli aneka koleksi mainan tersebut. Dengan begitu, ini artinya ada keuntungan yang bisa kita dapatkan dari hobi orang dewasa tersebut.

Biasanya kolektor yang mengumpulkan koleksi mainan, seperti misalnya action figure akan membayar harga berapa pun untuk setiap mainan ataupun memorabilia (barang yang berkaitan dengan suatu merek) termasuk langka yang kita punya di rumah. Akan tetapi, sebelum memulai suatu bisnis yang menyenangkan ini ada beberapa hal yang harus kamu pahami dan cermati cara menjual action figure diantaranya sebagai berikut ini.

 

  1. Menjual Action Figure

Langkah paling mudah dalam menghasilkan uang dari menjual koleksi mainan yaitu dengan melakukan analisis secara terperinci dulu. Prinsip orang umum bahwa langka = berharga, argumen seperti ini tidak selalu menjadi acuan utama dalam menjual figur karakter.

Terdapat perbedaan yang cukup tipis antara kondisi barang yang langka dan barang yang memiliki demand tinggi. Dan maka dari itu kita harus selalu melakukan riset mendalam diawal terlebih dahulu sebelum membelinya, serta mematuhi tiga aturan di bawah ini sebelum memulai bisnis figur karakter yang unik dan menarik ini.

 

  1. Kelangkaan

Pada umumnya, semakin tua kondisi barang tersebut, semakin langka dan secara otomatis karenanya semakin berharga. Hal demikian dikarenakan, semakin tua mainan, semakin sedikit kemungkinan untuk tetap terlihat baik saja.

Kita pasti akan terkejut berapa uang yang bisa didapatkan apabila memiliki figur karakter langka ini di beberapa puluh tahun lalu.Maka dari itu, jangan pernah membuang mainan apa pun, termasuk itu figur karakter hanya karena kita tidak membutuhkannya lagi sekarang.

 

  1. Popularitas

Beberapa sebuah action figure mungkin tidak terlalu langka, akan tetapi memiliki popularitas yang tinggi dikarenakan beberapa faktor diantaranya, meliputi peningkatan minat karena film baru, kematian ataupun pensiunnya seorang aktor, Contoh misalnya, merchandise Spiderman yang harganya saat ini melesat setelah perilisan film Avenger pada tahun lalu.

Terjadinya kematian aktor juga dapat mempengaruhi harga figur karakter. Contoh misalnya, meninggalnya Heath Ledger pada kisaran tahun 2008 mendongkrak harga merchandise Joker. Sehingga, pastikan untuk selalu menjaga kondisi figur karakter agar tetap baik karena kita tidak pernah mengetahui berapa nilai nominalnya di masa mendatang.

 

  1. Kondisi

Tidak mempedulikan figur karakter yang kita miliki ini tergolong langka dan populer, namun kondisi buruk, kolektor tidak akan menghargai dengan harga mahal. Alangkah baiknya untuk memastikan selalu mengecek pola kemiripan antara barangnya sesuai dengan kondisi gambar. Dengan figur karakter yang berbeda dengan gambar alhasil tidak akan bisa dijual dengan harga yang tinggi.

Memperhatikan juga casing pada figur karakter itu, apakah itu dalam kondisi yang baik, mengingat bisa meningkatkan nilai jualnya. Selain itu kita memperhatikan penyok, goresan, lipatan, robekan, serta penampilan keseluruhan pada action figur supaya tidak mengalami kerugian.

The Action Figure Authority nantinya dapat menjadi standar penilaian kondisi suatu figur karakter, dan mereka membagi kategori kondisinya menjadi tiga kategori, yakni AFA Gold Standard, AFA Silver Standard, serta AFA Bronze Standard.

 

  1. Jangan Terlalu Berfokus Pada Edisi Khusus

Sudah menjadi rumus bahwa apapun yang menjadi langka di masa depan akan memberimu banyak uang. Akan tetapi, dengan memproduksi massal saat ini untuk memenuhi permintaan konsumen, edisi spesial, edisi khusus, serta edisi eksklusif tidak berarti apa-apa. Industri manufaktur berusaha memaksimalkan profit sebanyak-banyaknya, yang artinya menjual figur karakter dalam kuantitas banyak.

 

  1. Mengeset Film adalah Spekulasi yang Aman

Tentunya sangat sulit dalam menentukan apa yang menjadi populer untuk kurun waktu 20 sampai 30 tahun ke depan. Spekulasi terbaik yaitu franchise film-film yang sudah populer. Contoh terbaru yaitu berupa merchandise Lord of the Rings ataupun Harry Potter yang banyak tersedia sekarang akan tetapi akan dicari di masa depan.

 

  1. Franchise Besar dan Keuntungan di Masa Depan

Seperti layaknya Harry Potter seta Lord of The Rings yang nilai keuntungannya berjalan dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, mengingat para penggemar akan menghargai nilai sebuah koleksi dari sebuah film. Selain itu franchise besar lainnya juga tidak kalah menariknya, seperti misalnya Star Wars, DC Comics, serta Marvel tentu akan meningkatkan popularitasnya dan berpotensi meningkatkan nilai dari setiap figur pada karakter lama.

Untuk franchise di film Star Wars, cara yang jauh lebih mudah dalam mendapatkan uang dari franchise Disney selain itu figur karakter yakni dengan mengumpulkan LEGO-nya. Terdapat alasan tersendiri mengapa barang-barang yang berhubungan dengan Star Wars mudah sekali untuk terjual, dikarenakan kebanyakan orang membelinya bukan hanya untuk mendapatkan sisi keuntungan saja, melainkan membelinya hanya karena menyukai keberadaan franchise tersebut.

Sedangkan franchise besar lainnya yang kemungkinan action figur karakternya akan mahal di masa depan yakni Woody serta Buzz Lightyear Toy Story. Mungkin pada saat ini mereka masih menjadi barang koleksi saja, akan tetapi beberapa dekade mendatang mereka akan sangat berharga sekali nilainya.

Kamu harus bisa mengambil risiko dengan cara membeli barang yang pada saat ini tidak berharga dipandang sebelah mata untuk dijual di masa mendatang.

 

Berapa Keuntungan Menjual Action Figure?

Figur karakter sama seperti misalnya sneakers ataupun barang niche lainnya, transaksi jual belinya didorong oleh para penggemar dan kolektor. Cara paling termudah untuk menemukan produk dengan harga murah untuk bisa dijual dikemudian hari yakni menemukannya di portal internet, solusinya bisa datang ke Toy Fair ataupun fan penggemar seperti Jakarta Comic Con.

Mengingat pangsa pasarnya terbatas, kita tidak akan memperoleh pendapatan secara tetap dengan menjual figur karakter ini, terlebih apabila barang yang kit miliki adalah edisi biasa saja.

Dan untungnya sifat kompulsif serta loyalitas para penggemar bisa mendongkrak penjualan action figure. Hal ini artinya barang-barang berharga bertipe tertentu dari sejumlah franchise nilainya akan menjadi berharga untuk mereka, bahkan kolektor biasa juga bersedia membayarnya dengan bandrol harga yang eksklusif.

Sebagai referensi untuk barang yang dapat kita jual ke depannya, figur karakter Obi Wan Kenobi yang rilis tahun 1985 seharga £2,450 atau setara dengan Rp46.515.231, ataupun Star Wars Yak Face dari tahun 1985 terjual senilai £57,500 ataupun bernilai sekitar Rp1 miliar.

Sekian artikel cara menjual action figure versi miminmillenial semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian para pembaca dimanapun kalian berada.

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *