Cara Strategi Marketing

Cara Strategi Marketing Kekinian untuk Memikat Pelanggan – Pada saat itu Napoleon Bonaparte masih menjadi seorang perwira muda pada saat penaklukan Toulon, dirinya merangkai senjata artileri di lokasi yang cukup terbuka serta termasuk dalam zona berbahaya. Dan semua atasannya mengira dirinya tidak akan bisa mendapat pasukan untuk bisa mengoperasikan keberadaan artileri tersebut. Seandainya si napoleon hanya sekedar memerintahkan para pasukannya untuk melaksanakan tugas demikian, ucapan atasanya bisa menjadi terbukti secara nyata.

Tapi, tapi dan tapi

Napoleon sendiri memperlihatkan level keahliannya untuk dapat menyentuh sisi lain dari prajurit yakni dengan menekankan aspek “Kebanggaan” serta keinginan mereka untuk dianggap sebagai seorang pahlawan sejati. Dan akhirnya Napoleon membuat sebuah plakat besar pada samping meriam untuk perang yang bertuliskan “Senjata Untuk Orang Tanpa Rasa Takut”. Dan alhasil diluar prediksi para atasannya dan posisi itupun selalu dijaga prajurit baik itu di waktu siang dan malam!

Lantas apa hubungannya dengan memikat calon pelanggan?

Dan hal yang paling penting untuk memikat pelanggan yaitu kita harus tahu apa keinginan pelanggan seperti yang sudah dilakukan oleh Napoleon, dirinya paham bahwa para prajurit menginginkan mereka gugur dengan rasa bangga menyandang gelar pahlawan. Lantas kemudian, bagaimana cara mengetahui keinginan selera pelanggan?

Alangkah baiknya kita mengidentifikasi terlebih dahulu target market kita berdasarkan kadar temperaturnya. Dan setelah itu kita menyusun strategi baru untuk memikat calon pelanggan mereka.

 

  1. Hot Market

Didefinisikan kepada mereka yang sudah bersiap membeli produk/jasa kita. Khusus pada zona ini kita dapat secara langsung melakukan ke tahapan hard selling, dengan memberi calon pelanggan kita sebuah penawaran yang bersifat eksklusif seperti misalnya diskon, cashback dan lain sebagainya.

 

  1. Warm Market

Tahapan dimana mereka yang sudah mulai aware akan kebutuhan mereka terhadap produk/layanan yang kita tawarkan. Kita dapat menunjukan ke mereka cara menyelesaikan suatu masalah mereka dengan produk/layanan yang kita miliki.

 

  1. Cold Market

Mereka yang belum menyadari sepenuhnya akan pentingnya produk/layanan. Edukasi mereka dengan memberikan informasi serta menerapkan prinsip sharing-sharing terlebih dahulu dilanjutkan dengan selling-selling kemudian.

 

Sekian tentang artikel cara strategi marketing yang kekinian dan memikat pelanggan. Semoga membantu dan bermanfaat untuk para pembaca semuanya!

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *