Peta Perjalanan

Peta Perjalanan, Rute Sawit ke Puncak Gunung Andong – Beberapa bulan kedepan ini kita akan memasuki musim kemarau, namun apa sisi enaknya dimusim kemarau!. Untuk beberapa kalangan terutama bagi para traveller maupun pendaki gunung hal ini merupakan sesuatu yang sangat dinanti nanti karena pasalnya hal ini mereka gunakan untuk melakukan eksplorasi ke berbagai tempat yang mereka inginkan jauh hari sebelumnya. Entah itu ke destninasi yang medannnya biasa sampai ke medannya ekstrim.

Mungkin para pembaca pada bulan mei kesana berkeinginan untuk berencana melakukan eksplorasi ke berbagai destinasi, entah itu secara solo ataupun bersama kawan-kawan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang mendaki gunung andong namun konteksnya disini bukan untuk menginap serta bermalam disana melainkan disini kita melakukan Tek tok yakni para pendaki menaiki dan menuruni gunung dalam jangka waktu sehari singkat memang terlihat.

Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang lokasinya berada di Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl dengan medan yang cukup ramah untuk semua kalangan. Pada umumnya gunung ini menjadi sasaran bagi para pendaki tingkat pemula bahkan keluarga sekalipun yang merasa penasaran akan sensasi menaiki gunung ini. Dan oleh karena itu, mendaki TekTok masih sangat memungkinkan dilakukan pada gunung ini.

Tidak perlu membawa banyak barang bawaan dikarenakan hanya sekali periode perjalanan. Apakah kalian tertarik membuat peta perjalanan Tek Tok ke Gunung Andong dalam waktu dekat ini? Pada artikel berikut ini mimin akan menginfokan seputar jalur pendakian, waktu tempuh, serta berbaga macam info menarik lainnya.

  1. Lokasi dan Harga Tiket

Untuk lokasi Gunung Andong sendiri cukup strategis sekali dari arah utara maupun selatan. Persisnya berada di Jawa Tengah, tepatnya di kecamatan Ngablak. Pendakian dapat melalui tiga jalur yakni via Sawit, Pendem, dan Gogik.

Pendakian via Sawit merupakan jalur terfavorit bagi para pendaki dari berbagai penjuru. Selain dikarenakan viral terlebih dahulu dibandingkan jalur lain juga karena aksesnya yang ramah bagi pemula. Untuk menuju basecamp Sawit juga jalur aksesnya sudah bagus serta dapat dilewati kendaraan roda empat dengan lancar.

Lokasi: Dusun Sawit, RT.003/RW.03, Nongkosawit, Girirejo, Kec. Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56194

Harga tiket: Harga tiket pendakian Rp25 ribu sudah termasuk asuransi

  1. Rute menuju Basecamp Gunung Andong

Untuk menuju basecamp sawit apabila dari arah Selatan (Yogyakarta) kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 50 menit hampir dua jam ibartnya. Sedangkan apabila dari arah Utara (Semarang) kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit saja. Dan sesampainya kita di basecamp kita perlu melakukan registrasi awal terlebih dahulu. Loket registrasi sendiri dibuka selama kurun waktu 24 jam.

Untuk jarak dari basecamp sampai ke gerbang pendakian Taruna Jaya Giri Sawit yakni sekitar 1,5 kilometer saja. Apabila tidak mau berjalan kaki kita dapat berkendara menggunakan motor ataupun mobil sampai ke gerbang pendakian. Nah, baru selepas kita dari gerbang kita baru mulai pendakian dengan berjalan kaki sebagaimana mestinya.

  1. Eksotisme Gunung Andong

Untuk eksotisme dari gunung ini tentunya tidak terlalu tinggi medannya sehingga cocok sekali untuk pendaki yang masih pemula bahkan keluarga yang membawa anak-anak sekalipun. Walaupun tidak terlalu tinggi akan tetapi pemandangan dari puncak jangan diragukan viewnya. Apabila kita mendaki sekitar bulan Juli sampai September, kita bisa mendapati pemandangan lautan awan dari puncak gunung ini.

Dan sepanjang perjalanan kita juga ditawarkan pemandangan gunung Merbabu, Merapi, serta Sumbing. Selain itu, tidak perlu merasa khawatir merasa kelaparan karena hampir di setiap pos terdapat warung. Butuh isi ulang air? Dan setelah pos 3 disana terdapat sebuah sumber mata air yang dapat langsung diminum karena airnya sudah higienis.

  1. Waktu tempuh dan info pos pemberhentian

Dikarenakan waktu tempuh menuju puncak gunung hanya berlangsung satu sampai dua jam saja, hingga pada akhirnya gunung ini cocok sekali untuk pendakian tek tok. Disini terdapat dua jalur apabila mendaki jalur via Sawit, yakni melewati jalur baru serta jalur lama. Tinggal kita memilih sesuai kebutuhan dan porsi para pendaki.

Beberapa langkah pertimbangannya, apabila kita melewati jalur baru aksesnya cukup landai akan tetapi jarak tempuhnya lebih jauh. Sedangkan apabila kita melalui jalur lama medannya lebih curam akan tetapi lebih cepat sampai ke tujuan. Meskipun demikian kita tidak perlu merasa khawatir karena pada masing-masing jalur memiliki tiga pos yang dapat digunakan untuk beristirahat apabila letih mulai melanda.

  1. Tips tek tok ke Gunung Andong

Apabila kita ingin menikmati view sunrise alangkah baiknya mulai melakukan pendakian pukul tiga pagi. Akan tetapi sesudah sunrise-pun pemandangan disana juga masih terbilang indah dan memukau. Apabila kia masih pemula alangkah baiknya menggunakan trekking pole untuk menjaga pola keseimbangan.

Keuntungan dari tek tok yaitu kita tidak perlu membawa banyak peralatan mendaki karena langsung melakukan naik dan turun pada hari itu juga. Seelah itu kita bawa perlengkapan secukupnya saja.

Sekalipun itu gunungnya tidak terlalu tinggi akan tetapi lebih baik apabila kita mempersiapan dari awal untuk berolahraga pemanasan terlebih dahulu sebelum menaiki gunung. Hmmm kira-kira apakah sudah mempunyai gambaran peta perjalanan saat akan mendaki ke Gunung Andong? Buat kalian yang masih newbie tidak perlu merasa takut dikarenakan gunung ini ramah dan cocok untuk pemula. Cobain tek tok dulu yuk dijamin kalian candu untuk mengulangi lagi!

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *