5 Kiat Sukses

5 Kiat Sukses Memulai Karir di Perantauan – Apakah sobat pernah merasakan susahnya cari kerja ditempat asal mungkin ada beberapa dari kalian mengalami hal serupa, belum lagi tuntutan eksternal dogma dan doktrin yang belum tentu selaras dengan prinsip hidup kalian saat ini.

Mungkin sesekali kita pernah merenung di suatu malam atau saat akan menjelang tidur bagaimana hidup ini bisa berubah secara signifikan. Ya mungkin setidaknya kita mempunyai rencana daripada menjadi bagian rencana selamanya hal demikian seperti yang sudah mimin temukan pada kutipan dari buku self help yang sudah saya beli pada beberapa tahun silam.

Sebelum kalian memutuskan untuk memulai karir di perantauan, mimin mempunyai tips dalam memulai karier untuk perantauan sebagai bekal kita disana. Menjadi seorang perantauan dapat menjadi hal yang sangat berat apabila kita tidak mempunyai persiapan bekal yang matang dan tepat.

Apalagi jika tujuan kita merantau untuk bekerja serta memulai karier di kota lain. Dan oleh karena itu, mari kita simak dulu tips dan trik 5 memulai karir di perantauan dibawah ini secara detail dan seksama!

 

Mempersiapkan keberangkatan secara matang

Sebelum kita memulai karier sebagai seorang perantauan, kita harus mempersiapkan langkah keberangkatan secara matang. Dikutip dari Career Addict, sebelum kita memutuskan untuk bekerja dikota ataupun negara yang berbeda, alangkah baiknya untuk memastikan persiapan diri sendiri sudah sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Persiapan tesebut bukan hanya secara fisik saja, akan tetapi seperti kelengkapan dokumen yang dapat mempermudah kita di tempat perantauan, selain itu juga mempersiapkan kemampuan serta kesiapan mental dan fisik.

Apabila sudah mempunyai pekerjaan impian atau incaran target, cek serta persiapkan segala hal terkait pekerjaan tersebut. Termasuk diantaranya culture perusahaan, lingkungan kerja, serta tempat tinggal, seperti misalnya kos serta kontrakan.

Akan lebih baik lagi apabila kita sudah mempunyai kepastian akan pekerjaan baru supaya kita dapat sampai di perantauan dengan suasan yang tenang. Apabila sudah mendapat pekerjaan saat itu juga, kalian dapat lebih berfokus ke tahap selanjutnya untuk memulai karier yang cemerlang dalam pekerjaan kita.

 

Memperhitungkan dulu biaya hidup awal

Dan salah satu tips dalam memulai karier baru diperantauan yang paling penting adalah perhitungan biaya hidup awal. Dilansir dari Go Abroad, kita harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk berpindah dan bekerja di kota tujuan yang diinginkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup di kota besar seperti misalnya Jakarta biasanya cenderung lebih mahal daripada kota lainnya. Meskipun juga harus diimbangi dengan nominal UMP yang juga tinggi. Dengan perhitungan biaya awal harus dilakukan karena kita belum mendapatkan gaji di awal saat kita datang untuk merantau.

Untuk langkahnya kita dapat berhemat dengan menyewa tempat tinggal maupun kos yang berdekatan dengan tempat kerja kalian. Ataupun kalian dapat mencari akses ke tempat kerja yang bisa dilalui transportasi umum sehingga dapat menghemat biaya transportasi disana.

Dan salah satu tips dan trik mencari tempat tinggal di tempat perantauan yaitu melalui survei online serta untuk mengetahui informasinya dan kunjungi calon tempat tinggal untuk dapat memastikan hasil kebenarannya. Hal demikian itu akan lebih efektif daripada kita baru akan mencari tempat tinggal saat sudah sampai di kota tujuan.

 

Mencari pengalaman serta belajar hal baru

Pada saat kalian akan berkarier sebagai seorang perantauan, kita dapat sekaligus belajar mandiri dan mencoba hal-hal baru yang unik dan menarik. Dalam pekerjaan dan karier, cobalah kita mencari pengalaman dengan mengikuti berbagai pelatihan ataupun seminar yang akan bisa membantu kita.

Kita juga dapat menambah keahlian baru yang dapat berguna untuk pengembangan jenjang karier di masa mendatang. Apabila kalian memiliki skill yang bermanfaat serta berguna di dunia kerja, maka kalian tidak akan lagi merasa cemas dan khawatir untuk bertahan saat di perantauan.

Bertahan di tempat kerja serta belajar secara tekun ternyata dapat menjadi awalan yang baik untuk memulai karier di tanah perantauan. Akan tetapi, yang perlu dicatat yaitu saat kalian mencari pengalaman serta belajar hal-hal baru lainnya, memperhitungkan juga risiko serta jangan ceroboh.

Mengingat juga bahwa langkah awal karir kita ini dapat menentukan jalan karir seterusnya atau bahkan selamanya.

 

Membangun jaringan relasi dan koneksi

Masih dilansir dari Go Abroad, pada saat memutuskan untuk berpindah serta merantau, lebih baik kita menghubungi kenalan di kota tujuan tersebut. Apabila memang tidak mempunya saudara dekat, kalian dapat menghubungi teman-teman kita sebelumnya yang mungkin sudah dahulu di perantauan.

Dan selalu akan lebih mudah apabila kita mempunyai orang yang menyambut kedatangan diri kita. Selain itu, kita juga harus memulai untuk membangun relasi pada saat akhirnya menetap serta berpindah.

Kita dapat mengawali suatu karier dengan membangun banyak koneksi, menambah kenalan, serta mengikuti komunitas-komunitas karir maupun hobi. Tentu saja hubungan lain yang dapat kita bangun yaitu di tempat kerja baru nantinya.

 

Memulai menabung

Saat memulai menjadi seorang perantauan, kita harus selalu bersiap menyediakan dana darurat.  Apabila sudah mulai bekerja, akan lebih baik jika kita menabung sejak awal merintis karir.

Apabila sudah dibiasakan menabung sejak awal memulai karir, sebagai perantauan, kita akan merasa lebih aman dikarenakan kita memiliki dana cadangan ataupun dana darurat. Dan secara mandiri, kita dapat memanajemen finansial sebagai anak rantau supaya tetap bisa menabung terus menerus.

Sebaiknya memprioritaskan hal-hal yang menurut kita lebih penting terlebih dahulu. Nah, itu dia beberapa informasi tentang tips dan trik memulai karir sebagai perantauan. Pada sejatinya merintis karir sebagai anak perantauan memang tidak mudah.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita memiliki persiapan yang panjang, rumit, serta matang. Itu saja artikel 5 Kiat Sukses Memulai Karir di Perantauan yang dapat mimin sampaikan kepada kalian para pembaca dimanapun kalian berada semoga membantu dan bermanfaat.

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *