Cara Budidaya Ikan Molly

Cara Budidaya Ikan Molly yang Mudah dan Cocok untuk Pemula – Ada banyak sekali jenis ikan hias saat ini, coba saja kalian perhatikan di toko akuatik terdekat pada rumah kalian pasti ada saja aneka macam ikan hias yang begitu unik dan menarik dari segi pola corak maupun motifnya. Dengan modal aquarium berukuran 40 cm keatas kita sudah bisa memelihara ikan hias jenis apapun saat ini dengan jumlah yang cukup banyak.

Saat ini selain keberadaan ikan hias terutama ikan molly ini ternyata memiliki manfaat lain diantaranya bisa dibudidayakan dengan mudah dan sekali periode menetas bisa menghasilkan puluhan sampai ratusan ekor sel anakan.

Keberadaan ikan molly saat ini termasuk salah satu jenis ikan hias yang sedang menjadi tren pada saat ini. Sedangkan bentuknya yang unik disertai warna tubuh putih, hitam, kuning keemasan, sampai merah hingga menjadikan ikan satu ini sangat menarik di mata banyak orang terutama pecinta dunia air.

Ukuran ikan molly saat ini sekitar 12 cm dan termasuk dalam spesies omnivora alias pemakan segala. Cara budidaya ikan molly yang baik sangat bergantung pada ketelatenan serta ketekunan pemilik dalam merawat ikan peliharaannya.

 

Cara Budidaya Ikan Molly yang Mudah dan Cocok untuk Pemula

Dengan perawatan yang mudah serta cepatnya dalam berkembang biak membuat ikan ini cocok sekali dipelihara khususnya oleh para pemula sekalipun. Ikan ini mudah sekali beradaptasi serta mampu tumbuh cukup baik pada berbagai kondisi jenis air apapun.

Dalam buku budidaya ikan hias air tawar yang ditulis Derek Lambert juga disebutkan berbagai jenis ikan hias air tawar yang populer termasuk tata cara perawatan, perkawinan, serta teknik pemijahan yang tepat.

Berikut dibawah ini cara budidaya ikan molly yang cukup mudah serta sangat cocok dijalankan untuk kalangan pemula.

  1. Mempersiapkan tempat dan media budidaya

Kita bisa menggunakan aquarium sebagai tempat budidaya ikan ini. Dan selain itu kita harus mempersiapkan juga sekopnet ataupun jaring, aerator, alat pembersih akuarium, pakan ikan baik alami maupun buatan pabrik, serta suplemen untuk menambah daya tahan ikan agar bisa terus survive.

  1. Pemilihan indukan yang berkualitas

Untuk memastikan kita harus memilih indukan yang baik dengan mempunyai ciri-ciri tubuh yang slim, gerakan gesit, lincah, aktif, fisik tidak ada cacat, mempunyai alat kelamin sempurna, warnanya emas kehitaman ataupun justru hitam sempurna (sesuai keinginan kita), serta berumur lebih dari 6 bulan dengan berukuran minimal 5 cm. Untuk indukan berkualitas biasanya akan menghasilkan anakan molly yang juga berkualitas unggul.

  1. Perkawinan

Proses perkawinan ikan molly jantan dengan betina sendiri dilakukan dalam aquarium dengan ketinggian lebih dari 25 cm. Setelah itu pastikan air jernih serta aerasinya halus.

Aerasi merupakan oksigen yang diberikan ke dalam media akuarium menggunakan aerator. Dan setelah itu masukkan indukan dengan rasio perbandingan jantan dan betina 1:3.

Dan jangan lupa untuk memberikan pakan serta suplemen secara teratur. Untuk ciri-ciri ikan yang sedang melakukan perkawinan yakni ditandai dengan indukan jantan yang nampak mengejar indukan betina. Dan perkawinan pada umumnya berlangsung antara kurun waktu 4 sampai 7 hari.

  1. Pemijahan

Setelah proses perkawinan berlangsung, beberapa ikan molly akan melalui proses pemijahan. Tingkat keberhasilan pemijahan nampak apabila terdapat bibit pada tepian bak kolam. Kita bisa melakukan perawatan indukan seperti biasanya serta memastikan telur dalam kondisi aman sampai waktunya menetas. Pada umumnya sepasang indukan bisa menghasilkan sekitar 80-125 ekor anakan molly.

  1. Perawatan

Untuk anak-anak molly yang sudah terlahir diberikan pakan secara teratur dua kali sehari. Setelah itu mengganti air kolam ketika anakan sudah berumur 2-3 minggu. Lantas caranya dengan membuang sepertiga air lalu menambahkan lagi air yang pastinya dalam kondisi bersih.

Demikianlah cara budidaya ikan molly yang mudah dan sederhana sehingga dapat menghasilkan banyak anakan. Kita harus memperhatikan pakan serta suplemen demi menjaga kesehatan molly sehingga tingkat pertumbuhannya menjadi kian optimal.

Sekian artikel dan informasi yang dapat saya bagikan kepada para pembaca dimanapun kalian berada semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian dimanapun berada.

By Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *